Toko Golf Jakarta - Toko Golf Online Terbaru Di Indonesia

Apabila Anda ingin menggunakan iron golf secara efektif, Anda perlu memahami apa definisi iron terlebih dahulu. Dalam golf ada dua jenis klub/stik: yaitu woods dan iron. Head pada woods dulunya terbuat dari kayu, begitu juga dengan head iron yang dibuat dari besi, kini kedua jenis club tersebut dibuat dari logam. Pada umumnya, head kini menggunakan baja.
Mengapa Iron digunakan dalam permainan golf?

1. Untuk loft: sudut loft, dalam istilah golf, adalah sudut face klub yang berkaitan dengan bidang vertikal dari shaft. Iron dirancang sedemikian rupa untuk menyesuaikan kemampuan para pegolf baik yang professional maupun amatir. Pada umumnya, semakin miring loft, semakin tinggi bola akan melambung di udara. Perbedaannya terletak pada jarak, semakin kecil loft-nya, semakin jauh jaraknya.

2. Untuk kontrol: Panjang sebuah klub golf merupakan patokan untuk menentukan seberapa jauh Anda dapat memukul bola. Menurut hukum fisika, klub yang lebih panjang akan memberikan Anda jarak yang lebih jauh, namun pada praktiknya, hanya Anda yang dapat mengontrol ayunan/swing Anda. Sebuah stik/klub yang terlalu panjang atau terlalu pendek juga akan mempengaruhi posisi/sikap (stance) tubuh dan ayunan Anda. Shaft untuk iron dirancang lebih pendek dari wood; dengan beberapa pilihan iron dapat membantu Anda untuk melancarkan strokes (pukulan) melewati beragam rintangan yang umum ditemui di padang golf (golf course).

3. Untuk kesempurnaan permainan golf Anda: Iron dirancang dengan dua cara, ada yang dengan cavity back, ada juga yang dengan muscleback. Semua iron pada dasarnya memiliki bentuk head yang sama, tetapi head muscleback memiliki back yang lebih solid sementara cavity back memiliki ruang cekung di balik face. Pegolf professional biasanya memilih stik muscleback. Head yang solid artinya ada beban lebih yang sengaja dibuat agar impact dengan bola lebih soft –ini akan menguntungkan apabila Anda dapat mengatur ayunan dan dapat berakibat fatal apabila meleset dari sweet spot. Untuk pemain amatir, stik cavity back adalah pilihan yang lebih baik. Dalam cavity, berat head pindah dari tengah ke pinggir atau disebut juga perimeter weighting. Ditambah dengan bagian cekung di belakang menjadikan head klub akan bergeser lebih sedikit saat merespon pukulan yang off-center, membantu untuk menjaga bola Anda tetap dalam course.
Tips Membeli Iron Golf

Anda mungkin menginginkan driver mutakhir paling bergengsi sebagai simbol status, tetapi ketika tiba saatnya untuk memilih iron golf, apa yang dipakai para professional mungkin tidak tepat untuk Anda. Iron yang berbeda sengaja dirancang untuk kemampuan pemain yang berbeda-beda. Saat memilih iron golf, Anda perlu mempertimbangkan material yang digunakan untuk membuat stik golf tersebut, begitu juga dengan desain head-nya. Berikut beberapa tips:

1. Desain head: Head iron golf dirancang dengan gaya blade atau cavity back. Iron blade memiliki desain sederhana. Head yang solid dari iron blade membuat area sweet spot lebih kecil dan itulah yang lebih disukai para pegolf dengan handicap rendah alias pegolf profesional. Di sisi lain, iron cavity black dirancang untuk mendistribusikan berat head ke bagian luar, memberikan area sweet spot yang lebih lebar dan tentunya lebih forgiving.

2. Jenis iron: Iron golf dapat dibuat dengan besi yang ditempa (forged) atau dicor/cetak (cast). Besi yang ditempa cenderung lebih mahal dan menawarkan feel yang lebih soft saat impact dengan bola. Namun iron cast lebih terjangkau dari segi harga.

3. Shaft: Material shaft yang paling umum adalah baja (steel) dan grafit (graphite). Shaft baja tahan lama dan konsisten sepaket dengan klub. Sementara shaft grafit yang sifatnya lebih ringan dari baja, memungkinkan untuk menghasilkan ayunan yang lebih cepat dan jarak yang lebih jauh. Ada juga shaft komposit yang sedang populer, shaft ini merupakan hasil gabungan daya tahan baja dengan karakteristik grafit yang ringan.

4. Jujur pada diri sendiri: Pada prinsipnya iron golf menyesuaikan dengan berbagai tingkat kemampuan pegolf itu sendiri. Dengan menerima tingkat kemampuan Anda dan membeli iron yang sesuai justru akan membantu permainan golf Anda lebih baik daripada membeli seperangkat iron hanya karena merek tersebut digunakan oleh pemain favorit Anda.


Toko Golf Jakarta - 24/7 Online Transaction

Shopping Cart

Jumlah barang di shopping cart Anda: 0

Lihat shopping cart >>

Lihat products >>

More Discount





Follow us on Twitter


Cobra Golf Titleist Golf Taylormade Golf Fourteen Golf Cleveland Golf Callaway Golf Ping Golf Mizuno Golf Nike Golf